Istilah Dalam Dunia Kopi Yang Perlu Pencinta Kopi Ketahui

 

 

Istilah Dalam Dunia Kopi

Istilah dalam dunia kopi yang perlu pencinta kopi ketahui, seperti yang sering kita alami bahwa ketika sedang berada pada salah satu coffe shop, tentunya kita akan mendengar beberapa sebutan-sebutan dalam dunia kopi yang tidak kita pahami.

Sebutan ini sering kita dengar dari seorang barista atau para pencinta kopi lainnya, mungkin pernah kalian alami ketika akan sedang memesan sebuah kopi.

Istilah – istilah dalam dunia kopi tersebut menunjukkan gaya seorang barista saat sedang membuat kopi, pada umumnya seorang barista akan terlihat ciri khasnya pada saat melakukan pour over dengan gayanya masing-masing.

Pour over merupakan suatu teknik manual yang dilakukan oleh seorang barista, teknik tersebut merupakan cara penyeduhan kopi secara manual, tentunya tidak mudah.

Teknik menuangkan air tersebut terbilang tidak mudah, perlu membutuhkan banyak waktu dalam setiap prosesnya, namun cara ini sangat populer di kalangan para pencinta kopi.

Cara pour over kopi hanya dengan menuangkan air ke kertas tipis yang berguna sebagai penyaring bubuk kopi, rasa yang nikmat dan aroma akan terbilang menjadi lebih maksimal.

Di dalam dunia kopi khususnya para penggemar kopi yang masih muda, mereka akan senang dengan istilah-istilah menarik yang di artikan sebagai kata lain dari macam-macam kopi terbesut.

Proses penyeduhan biasanya dilakukan dengan menggunakan air panas, kemudian akan memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit. Berbedanya dengan teknik cold brew, teknik yang dilakukan dengan menggunakan suhu di dalam raungan tanpa adanya saringan dan akan memakan waktu selama 12 jam.

Mengenal Istilah – Istilah Dalam Dunia Kopi

Istilah Dunia Kopi

Pada umumnya, seorang barista akan meracik kopi sesuai dengan keahlian mereka masing-masing, kebanyakan dari mereka akan mencampurkan beberapa jenis kopi lainnya menjadi satu agar mendapatkan secangkir kopi yang enak dan unik.

Para pencinta kopi tentunya akan diminta untuk menilai beberapa penemuan terbaru yang sering para barista lakukan, mereka akan diminta memberikan penilaian dan komentar mengenai cita rasa dari sebuah kopi tersebut.

Untuk kalian yang belum mengetahui beberapa istilah-istilah penting di dalam dunia perkopian, khususnya yang baru bergabung mari tingkatkan wawasan dengan menyimak penjelasan yang telah kami rangkum di bawah ini :

  1.  Astringent : Berartikan rasa yang tersisa di dalam mulut, dengan sensasi rasa asin pada sisi lain lidah.
  2.  Bitter : Mengutarakan rasa tajam keluar dari biji kopi yang telah di panggang dalam waktu lama.
  3.  Bright : Rasa ringan yang kering namun tajam, biasanya sering jadi julukan ciri khas dari rasa kopi Amerika Tengah.
  4.  Beany : Berartikan aroma dari biji kopi panggang yang belum mengeluarkan rasa maksimal.
  5.  Baked : Berartikan aroma dari biji kopi yang dipanggang terlalu lama hanya dalam suhu terlalu rendah.
  6.  Baggy : Rasa yang kurang sedang dikarenakan biji kopi di simpan terlalu lama dengan kondisi yang kurang bagus.
  7.  Buttery : Cita rasa yang di timbulkan sedikit agak berminyak dan kental.
  8.  Fermented : Mengartikan rasa kurang sedap yang mengakibatkan cita rasa menjadi asam, biasanya terdapat pada biji kopi muda.
  9.  Exotic : Aroma tidak biasa, biasanya berasal dari rempah, buah atau bunga.
  10.  Flat : Cita rasa yang hambar karena sudah kehilangan aroma dari biji kopi.
  11.  Fruity : Rasa buah seperti mengandung beri atau sitrus.
  12.  Hard : Mengutarakan rasa yang tidak seimbang, cemderung lebih asam karena kadar asam yang dimiliki sangat tinggi.
  13.  Harsh : Rasa tajan yang dikeluarkan dan sedikit pedas hingga menyengat lidah.
  14.  Musty : Ciri khas rasa tua yang terkandung, biasanya terdapat pada biji kopi pilihan yang telah lama disimpan, khas kopi jawa salah satunya.
  15.  Fragrant Or Floral : Mengutarakan aroma sedap yang dikeluarkan dari bunga misalnya seperti melati.

Beberapa istilah tersebut pastinya akan kalian dengar ketika berada pada suatu coffe shop, tentunya kalian harus memahaminya terlebih dahulu agar tidak terbilang ketinggalan zaman.

Sekian penjelasan mengenai istilah dalam dunia kopi yang perlu pencinta kopi ketahui, seperti yang sering kita dengar, bahwa cinta itu bukan dari kata namun tulus timbul dari rasa.