Mengenali Ciri Khas Kopi Aceh Gayo Yang Sangat Terkenal

Kopi Aceh Gayo

Mengenali ciri khas kopi aceh gayo yang sangat terkenal tentunya sangatlah mudah bagi para pencinta kopi, kopi gayo sangat khas dengan rasa dan aromanya yang kuat.

Gayo memiliki tingkat kadar keasaman yang rendah, ditambah lagi dengan adanya sedikit rasa rempah yang dimiliki (spice). Ciri khas rasa yang berkualitas tersebut menjadikannya sangat di gemari.

Tidak hanya di dalam negeri, gayo juga sudah terkena hingga ke mancanegara terutama Amerika Serikat dan juga Eropa. Clean dan karakter yang sangat berkualitas membuatnya sangat nikmat sebagai campuran house blend.

Keunggulan Yang Dimiliki Kopi Aceh Gayo Hingga Kemancanegara

Kopi Aceh Gayo Terbaik

Kopi gayo memiliki perkebunan di aceh tengah hingga yang memiliki ketinggian rata-rata 1.000 – 1.200 mdpl, lokasi tersebut berada pada sekitar kota takenon hingga dekat dengan danau tawar.

Pada sekitar lokasi perkebunan terutamanya daerah takenon, ditinggali oleh mayoritas suku orang-orang gayo, maka dari itu mereka menamakan kopi tersebut sebagai kopi aceh gayo.

Perkebunan luas yang ada di daerah tersebut telah di kelola oleh mereka secara perorangan, budidaya menanam dilakukan pada lokasi tempat yang teduh atau bahasa lainnya shade grown coffee.

Setelah di telusuri oleh para pencinta kopi, biji yang telah dihasilkan oleh kopi gayo adalah berjenis biji arabika dan memang disana merupakan dataran yang sangat cocok untuk menanamnya.

Institute kopi langsung sudah pernah mengakui cita rasa yang dimiliki oleh kopi gayo, sesaat setelah Q grader mencicipinya rata-rata memberi nilai bahwa rasa khas pada kopi gayo cenderung buttery dan juga nutty.

Aroma yang ditimbulkan sangatlah kuat ditambah lagi dengan adanya aksen nutty dan spice, tingkat keasamannya sangat rendah dan sweetness yang tinggi, lalu body pada biji yang medium.

Kualitas Terbaik Hingga Mengharumkan Aceh Dipasaran

Kopi Aceh Gayo Indonesia

Secara terampil, pada umumnya karakter rasa dari biji kopi gayo hampir menyerupai dengan kopi sumatra, perbedaannya adalah aftertastenya yang bersih.

Karena cita rasa yang khas dari biji kopinya, membuatnya sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk houseblend di sejumlah cafe-cafe ternama di Indonesia.

Terdapat keberadaannya ada lebih dari tiga varietes dan juga berbagai macam rasa dari biji kopi gayo yang dengan mudah ditemukan di pasaran, varietas dari kopi ini yang paling laris diperdagangkan yaitu adalah red bourbon dan juga timtim.

Metode proses biji yang dilakukan paling banyak dilakukan oleh sejumlah petani di gayo, yaitu dengan metode jemur hingga kering (dry process).

Proses tersebut akan menjadikan salah satu faktor terjadinya rasa pada kopi yang cenderung manis, juga ada ditemukan beberapa kopi aceh gayo yang di proses dengan metode natural fermentasi, sehingga membuat rasa yang menyerupai wine.

Demikianlah artikel mengenali ciri khas kopi aceh gayo yang sangat terkenal ini, semoga dengan ciri khas kopi dapat berkembang luas ke seluruh masyarakat, terima kasih dan salam pencinta kopi nusantara.