Kopi Bali Kintamani Terkenal Dengan Rasa Jeruknya Yang Lembut

Kopi Bali Kinta

Kopi Bali terkenal dengan rasa jeruknya yang khas dan juga sangat lembut, kopi kintamani merupakan salah satu yang sangat populer saat ini, karena memiliki rasa asam serta fruity unik.

Rasa yang di hasilkan tidak terlalu pahit dan memiliki body medium, rasa kopi kintamani yang begitu khas dan unik dipengaruhi dari kebiasaan para petani lokal yang juga menanam berbagai jeruk dan sayuran pada lahan yang sama.

Saat ini perkebunan kopi di Bali berdekatan dengan daerah pada Kecamatan Kintamani atau lebih tepatnya di berdekatan dengan Gunung Batur dan juga Kabupaten Bangli.

Setelah di telusuri lebih jauh, ternyata jenis kopi yang ditanam di Bali adalah berjenis Arabika, dimana pohon di tanam pada ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Setiap para pencinta kopi yang sudah pernah menelusuri kopi ini tentunya akan mengetahui letak keunikannya, ciri khas yang terdapat dalam perkebunan kopi Bali yaitu dengan adanya berbagai macam tanaman selain kopi yang di tanam pada lahan sama, biasanya terdapat jeruk dan juga sayur.

Kopi dari Bali juga kini telah menjadi salah satu komonditas ekspor unggulan Indonesia, tersebar luas terutama ke Eropa, Australia, dan Jepang. Bukan hanya laku sebagai komoditas ekspor, namun juga sebagai oleh-oleh ciri khas Pulau Dewata.

Karakter Khas Yang Dimiliki Oleh Kopi Bali Yang Sangat Terkenal

Kopi Bali

Karakter dari rasa kopi kintanami juga sangat berpengaruh besar pada proses panennya, coffea Bali menggunakan washed/wet proccess untuk melepaskan daging dari buah dan diambil bijinya.

Berbeda halnya seperti pada kebanyakan proses di Indonesia yang menggunakan metode dry proccess, dengan begitu maka hasil panennya juga berbeda karena tentunya akan menghasilkan ukuran green bean yang lebih besar dibandingkan hasil yang ditanam dari daerah lain.

Ciri khas rasa coffea Bali kintamani yang sangat unik adalah rasa buah jeruk yang asam segar (citrusy) tanpa menyisakan aftertaste di mulut, tidak memiliki rasa rempah seperti kebanyakan kopi lainnya.

Terdapat banyak metode penyajian yang sangat nikmat untuk kopi kintamani, salah satu cara tradisional yang dilakukan yaitu, dengan kopi tubruk lalu diberi gula secukupnya.

Metode kopi tubruk ini merupakan sajian yang sudah dilakukan dari masyarakat lokal sejak dulu, dikarenakan kopi tubruk menghasilkan cita rasa yang luar biasa nikmat.

Bagi kalian yang tidak menyukai sajian dengan ampas, maka penyeduhan dapat disaring dan hanya murni diambil airnya saja, dengan kecenderungan hasil seduh yang encer akan membuat biji kintamani menjadi dominan.

Untuk kalian yang sedang bertamasya ke daerah Bali, jangan lupa untuk merasakan coffea Bali kintamani yang sangat nikmat. Bukan pencinta kopi namanya jikalau kalian belum merasakan kopi tubruk kintamani.

Demikian kami sudah pembahasan mengenai kopi Bali kintamani terkenal dengan rasa jeruknya yang lembut ini, semoga dapat menambah cinta rasa kalian khususnya bagi para pencinta kopi Indonesia, terima kasih.