Ciri Khas Dari Kopi Luwak Yang Sangat Terkenal Di Dunia

Luwak

Pada perjumpaan kali ini kita akan membahas tentang nikmatnya kopi luwak yang sangat terkenal di dunia, banyak orang bertanya mengapa kopi dapat menyatuhkan dan menyejukkan suasana.

Karena seperti yang kita ketahui, kini semangkin banyak para pemuda yang suka merasakan akan nikmatnya rasa santai yang dapat di timbulkan pada saat duduk dengan secangkir kopi.

Kopi luwak, kita sebut saja dengan nama singkatan atau “kolu” merupakan salah satu jenis kopi yang kini sangat digemari oleh para pemuda maupun orang tua di dunia.

Pengenalan Awal Mulanya Kopi Luwak Terkenal di Indonesia

Kopi Luwak

Kolu adalah seduhan biji kopi yang diperoleh dari sisa kotoran hewan luwak atau musang kelapa, biji dari kolu dipercaya memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan oleh luwak dan dibuang melalui saluran pencernaannya.

Pada kawasan Asia Tenggara, ketenaran kolu sudah sangat lama diketahui oleh beberapa masyarakat disana, akhirnya kolu baru mulai tersebar luas setelah berhasil di publikasikan.

Saat itu kolu juga menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet pada era tahun 1980-an, biji kolu adalah salah satu yang termahal di dunia, mencapai USD 100/455g.

Awal mula adanya sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia terjadi pada saat abad ke-18, pada saat itu belanda membuka sejumlah lokasi perkebunan tanaman komersial yang terdapat di koloninya.

Lebih tepatnya di Hindia Belanda dan di Pulau Jawa Sumatra, salah satu jenis tanaman kopi yang paling terkenal saat ini adalah perkebunan kopi arabika, bibit yang di datangkan langsung dari Yaman.

Saat zaman “Menanam Paksa” pada tahun 1830 – 1870 atau juga sering disebut dengan Cultuurstelsel, Belanda melarang keras para perkerja perkebunan pribumi untuk tidak memetik buah secara sembarangan.

Namun akan tetapi karena rasa yang begitu ciri khas dapat mengunggah seseorang menjadi langsung jatuh cinta, lalu kemudian kolu menjadi suatu kegemaran yang di miliki oleh sebagian petinggi kaya.

Kolu atau pada umumnya di sebut dengan kopi lawak sangat senang sekali dengan buah-buahan, maka dari itu kopi menjadi salah satu santapan favorite baginya.

luwak memiliki indra penciuman yang sangat kuat dan ia dapat peka saat memilih buah kopi yang benar-benar matang sebagai makanannya, namun setelah itu biji kopi yang masih terbalut oleh lapisan kulit keras akan dikeluarkan oleh luwak melalui kotorannya.

Biji kopi yang berasal dari kotoran tersebut telah difermentasikan dengan baik oleh sejumlah petani, di percaya memiliki kualitas yang baik dan pastinya terbentuk secara alami.

Setelah selesai difermentasikan, biji kopi luwak akan terasa spesial dan sangat sempurna terutama pada aroma dan rasa kopi yang saat ini sangat digemari oleh penikmat kopi hingga di seluruh dunia.

Demikian penjelasan kami mengenai ciri khas dari kopi luwak yang sangat terkenal di dunia, dengan adanya artikel ini semoga dapat menambahkan popularitas para pencinta kopi di seluruh dunia.